Contoh Surat Jalan Yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Jalan Yang Baik Dan Benar | Tapi jika Anda tidak ingin repot-repot untuk membuatnya, kami telah membuatkan Ccontoh dari surat ini yang dapat anda download melalui link dibawah ini. Anda hanya perlu merubah beberapa kata saja yang memang perlu untuk dirubah. Silahkan download contoh surat tersebut melalui link dibawah ini :

Download Contoh Surat Jalan .doc


Contoh Surat Jalan Yang Baik Dan Benar | Setelah kemarin saya memberikan penjelasan tentang surat lamaran pekerjaan beserta contohnya, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh dan penjelasannya mengenai apa itu surat jalan. Didalam blog ini akan kami jelaskan sejelas jelasnya apa yang dimaksud dengan surat jalan, cara membuatnya dan beberapa contoh contohnya. 

Pengertian Surat Jalan


Surat jalan merupakan salah satu surat yang sangat penting keberadaannya dalam urusan pengiriman barang. Surat jalan adalah dokumen yang wajib disertakan pada setiap mengirim atau mengantar barang dari satu tempat ke tempat lain. Dalam hal ini biasanya pengiriman yang dilakukan berjarak cukup jauh dan menggunakan alat transportasi. 



Barang yang diantar sesuai dengan data yang tercantum dalam dokumen pengiriman, baik kualitas maupun kuantitas barang. Karena seringkali diperjalanan ada pemeriksaan yang dilakukan oleh Polantas maupun dinas terkait berkaitan dengan isi sebuah barang yang akan diantar ke suatu tempat.





Surat jalan ini bertujuan untuk memudahkan perjalanan di jalan raya apabila terjadi urusan dengan pihak kepolisian dan lainya. Yang terpenting adalah isi dari surat jalan harus sesuai dengan barang yang dibawa. Baik jumlah, kualitas dan kuantitas. Sehingga apabila sewaktu waktu ada pemeriksaan maka perjalanan anda tidak ada masalah.

Nah, pada umumnya surat jalan pengiriman dibuat dalam rangkap tiga. Setiap lembarnya ada kegunaannya masing masing, yaitu :
  • Lembar pertama sebagai bukti transaksi bahwa barang telah diserahkan. Biasanya lembar pertama ini digunakan untuk pembukuan dibagian akutansi.
  • Lembar kedua akan diberikan kepada pembeli atau penerima barang
  • Lembar yang terakhir digunakan sebagai arsip bagi perusahaan yang mengeluarkannya.
Untuk isi surat jalan ini tentunya akan berisi identitas barang atau informasi yang berkaitan dengan barang yang akan dikirim. Beberapa diantara informasi tersebut yaitu:
  • Nama Barang
  • Jumlah Barang
  • Keterangan

Contoh Surat Jalan Yang Baik Dan Benar

Untuk memperjelas apa yang telah kami jelaskan di atas, maka kami telah memberikan beberapa contohnya di bawah ini. Contoh surat jalan ini dapat anda gunakan sebagai referensi bagi anda. Berikat ini adalah contohnya :

Tapi jika Anda tidak ingin repot-repot untuk membuatnya, kami telah membuatkan Ccontoh dari surat ini yang dapat anda download melalui link dibawah ini. Anda hanya perlu merubah beberapa kata saja yang memang perlu untuk dirubah. Silahkan download contoh surat tersebut melalui link dibawah ini :

Download Contoh Surat Jalan .doc








PT. Rangapak Rakepenak

Alamat : Jl. Urut No. 1000 Ngambal



SURAT JALAN
Nomor : 10/ASB/VII/2015


Jakarta Pusat, 8 September 2014
Kepada Yth. _____
di _____________


Dengan Hormat,
Bersama surat ini kami mengirimkan barang dengan perincian sebagai berikut :

NoNama BarangSatuanJumlahKeterangan
1



2



3



4



5




Mohon diperiksa kondisi barang dan diterima.

Supir,



(Nama Supir)

Hormat Kami,



(Nama Pengirim)

Barang telah diterima pada tanggal ___________________

Penerima,



(Nama Penerima)







Itulah tadi contoh surat jalan yang baik dan benar. Anda dapat menggunakan contoh surat tersebut sebagai referensi anda dalam membuat surat jalan. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkannya.

Contoh Surat Jalan Yang Baik Dan Benar

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Surat Jalan Yang Baik Dan Benar