Contoh Surat Pribadi Yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Pribadi | Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh surat pribadi yang baik dan benar. Pada dasarnya cara membuat surat pribadi ini sangat lah mudah, karena surat pribadi ini berisi tentang kerianduan kepada seorang teman, sahabat ataupun keluarga kita. Akan tetapi jika kamu merasa kesulitan untuk membuatnya,maka kami telah menuliskan beberapa contoh surat pribadi dibawah ini. Silahkan dikopas sesuka hati. 

Nah sebelum saya tampilkan contohnya, saya terlebih dahulu akan membahas apa itu surat pribadi. Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Surat dapat berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga. Adapun Ciri-ciri surat pribadi yang perlu kita ketahui adalah tidak memiliki kop surat, tidak ada nomor surat, salam pembuka dan penutup sesuka hati asalkan sopan, Penggunaan bahasa bebas, sesuai keinginan penulis, Format surat bebas, dll. 


Sebenarnya surat pribadi ini sudah jarang sekali digunakan. Akan tetapi jika Anda ingin mengetahuinya boleh boleh saja. Ya dapat digunakan sebagai pembelajaran saja. Oke baiklah, langsung saja blog petang berikan kepada kamu semuanya contoh surat pribadi menarik dibawah ini.


Contoh Surat Pribadi Untuk Teman


Bandung, 25 Mei 2014


Sahabatku,
Andi Malangkiem
Di Kanda Ngan


Asalamualaikum ,

Hai Budi, apa kabar? Bagaimana kabarmu Bud ? Sehat dan bahagia bukan? Sudah lama rasanya ya kita tidak bertemu.Sejak tiga tahun yang lalu tepatnya saat aku dan keluarga memutuskan pindah ke Bandung aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu.Aku berharap kamu selalu dalam perlindungan Allah di manapun berada.

Akhir bulan ini keluargaku berencana pulang ke Lampung untuk menjenguk nenek.Aku berharap pada hari itu aku bisa ikut rombongan menjenguk kampung halaman sekalian bersilaturahmi dengan kalian para sahabat kecilku yang sangat ku rindu.

Tapi apa dikata jika Allah menakdirkan hal lain. Hari itu ternyata aku ada ujian semester di kampus. Sehingga dengan berat hati napaknya perjumpaan kita harus diundur lain kali. 

Bud, sekian dulu, ya!Sampaikan salam sekaligus permintaan maafku buat teman-teman yang lain. Semoga lain kali kita bisa bertemu.


Sahabatmu,



Mikael Abra


Contoh Surat Pribadi Untuk Teman



Kotaraja, 21 Maret 2007

Sahabatku,
Rina Damanyanti
Di Kotaraja



Salam persahabatan,

Hai, apa kabar? Bagaimana keadaanmu? Sehat dan bahagia bukan? Apakah kamu masih menanam bunga mawar? Aku ingin sekali bertemu kamu lho Rin? Kamu pasti tambah cantik, ya? Atau mungkin tambah gemuk?

Rina, sahabatku yang baik. Sejak kita berpisah, banyak hal yang terjadi di sini. Kota kita memang berkembang sangat pesat. Gedung yang dulu menjadi tempat pentas dan latihan drama itu sudah rata dengan tanah. Kini sudah muncul bangunan super mewah, sayang tempat itu hanya untuk belanja! Rasanya tak mungkin untuk berkesenian, apalagi untuk pentas drama.

Rin, sekian dulu, ya! Jangan lupa membalasnya. Kutunggu kabarmu! Sampaikan salamku untuk Ibu dan Bapak. Juga Mas Dodi. Terima kasih Rin ... sampai jumpa dalam liburan yang akan datang.
Sampai jumpa.
Sahabatmu,


Marina Pertiwi


Contoh Surat Pribadi Untuk Teman

dikutip dari: Aktif Berbahasa Indonesia oleh Dewi Indrawati dan Didik Durianto



Solo, 5 Mei 2007

Ninik Catur Yuliati
Jl. Gotong royong No.14 I/I
Tinjomoyo, Banyumanik
Semarang



Ninik yang manis,

Halo, bagaimana ni kabar kamu? Aku harap kamu baik-baik saja dan sehat selalu ya! Soalnya aku di sini juga sehat dan baik-baik saja.

Eh, Nik, bulan depan aku mau ke rumah tanteku yang ada di Semarang. Jadi aku bisa sekalian mampir ke rumah kamu. Boleh kan kalau aku main ke rumah kamu? Harus boleh lho, soalnya aku sudah kangen banget dengan kamu. Awas, kalau tidak boleh! Jangan marah lho, Nik, aku kan cuma bercanda. Nik, kamu masih punya anjing tidak? Berapa sekarang jumlahnya? Pasti udah
tambah banyak. Mereka lucu-lucu dan pinter-pinter deh.

Nik, cukup sampai di sini dulu ya surat dari aku. Jangan lupa dibalas ya,Nik. Aku tunggu lho!


Dari temanmu



Nadeth


Contoh Surat Pribadi Untuk Teman


Bandar Lampung, 1 April 2015

Untuk Sahabatku Dina
di Bogor


Assalamualaikum,

Hay Dina, bagaimana kabarmu di sana? Aku di sini baik-baik saja. Aku berharap kamu dan keluarga di sana juga selalu dalam keadaan sehat. Sudah lama ya kita tidak bertemu? Kalau tidak salah terakhir kita bertemu ketika kita lulus dari SMP dan sekarang kita sudah mau lulus SMA. Pasti kali ini kau sudah bertambah tinggi atau bahkan sudah lebiih tinggi daripadaku. Eh, bagaimana keadaanmu di Bogor? apakah benar yang sering dikatakan bahwa Bogor adalah kota hujan? 

Dina, sebenarnya aku menulis surat ini karena akau sangat kangen kepadamu. Aku rindu masa-masa kita bersama, ketika saling menghabiskan waktu dan bercanda, Kapan ya masa-masa itu akan terulang kembali? Dina aku juga ingin mengabarkan kepadamu bahwa setelah lulus dari SMA ini aku akan melanjutkan pendidikanku di Universitas Indonesia. Aku telah lama ingin kuliah di salah satu universitas terbaik di negeri ini. Tolong bantu aku doa ya? Lalu bagaimana denganmu ? Mudah-mudahan kita bisa belajar bersama lagi di sana.

Sudah dulu ya, sampaikan salamku kepada ayah, ibu dan Ara di sana. Aku tunggu kabar darimu dan semoga kita bisa segera bertemu.

Wassalamualaikum . . 



Sahabatmu      


ttd       
Shinta Putri Dewi


Contoh Surat Pribadi Untuk Teman



Bogor, 7 April 2015


Untuk sahabtku tersayang
di Bandar Lampung



Assalamuaialkum . .

Hay Shinta, Alhamduliliah aku baik-baik saja di sini. Dan aku bersyukur kabarmu juga dalam keadaan baik di sana. Kau benar sudah lama kita tidak bertemu lagi. Pasti dong aku bertambah tinggi, hhe. Aku sudah tidak sabar untuk bertemu denganmu. Aku sangat yakin kalau kamu semakin cantik sekarang. Mengenai kehidupanku di sini, aku sangat betah tinggal di sini. Namun tau tidak? pada awalnya aku sulit beradapatasi dengan dinginnya cuaca Bogor, tak heran mereka menyebutnya sebagai kota hujan karena hampir setiap hari hujan turun di Bogor.

Aku juga merindukanmu. Aku kangen suasana di kampung dan semua teman-teman di sana. Bahkan semalam aku bermimipi kita sedang main bersama kembali hhee. Oh iya, aku punya kabar bagus buatmu. kalau aku sudah diterima oleh Universitas Indonesia sebagai mahasisswa di jurusan pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia melalui jalur prestasi. Aku berkompetisi dengan hampir 500 pendaftar dan aku bersyukur bisa menjadi peserta yang diterima. Oleh karena itu, kamu harus termotivasi juga untuk masuk di Universitas yang kau bilang terbaik ini. 

Belajar yang giat dan jangan lupa berdoa kepada tuhan agar kau diberikan kemudahan. Aku juga akan mendoakanmu disini. Aku tunggu kamu di Universitas Indonesia ya? Semangat.

Saya kira cukup sampai di sini suratku untuk mu. Mamah, papah dan Adek Ara menitip salam kepadamu. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. 

Wassalamuaalikum . . 

Sahabatmu,


ttd        
Dina Saraswati

Contoh Surat Pribadi Untuk Teman


Bandung, 5 Mei 2015


Kepada sahabatku tercinta, Amanda
di Metro




Halooo Amanda, Apa kabar? aku harap kamu selalu dalam keadaan sehat di sana. Eh Amanda, aku sangat kangen denganmu. Kalau ada waktu, main dong ke tempatku, sepertinya kamu sibuk sekali sampai-sampai tidak pernah mengunjungi aku lagi. Sebenarnya kali ini aku yang ingin datang ke tempatmu, tapi karena suatu alasan sepertinya aku harus mengurungkan niatku.

Amanda, kamu masih ingatkan dengan Sonya, teman lama kita? Ada kabar baik yang datang darinya bahwa minggu depan dia akan melaksanankan pernikahan. Dia pun mengundang aku dan berharap kamu bisa menghadirinya. Oh iya, satu lagi, terimakasih ya atas hadiah yang kau berikan kepadaku kemarin. Aku sangat menyukainya. Ternyata kamu tidak lupa dengan warna favoritku.

Sudah dulu ya, lain waktu kita sambung kembali.

Sahabatmu, 


ttd       
Dewi Anjani

Contoh Surat Pribadi Untuk Teman


Bandar Lampung, 10 Mei 2015

Sahabtaku tercinta, Dewi Anjani
di Tempat



Hay Dewi kabarku baik dan sehat. Bagaimana denganmu? aku harap kau juga sehat di sana. Aku juga rindu kepadamu, sebenarnya aku ingin sekali mengunjungimu di sana. Tapi maaf ya, aku saat ini sedang sibuk dengan pekerjaan-pekerjaanku. Aku janji deh, liburan bulan depan aku pasti akan mengunjungimu. Kamu siapkan makanan kesukaanku ya hhee?

Wah aku juga ikut berbahagia mendengarnya, tetapi sayang aku tidak bisa menghadirinya. Tolong sampaikan saja salam dan doaku kepadanya, semoga mereka menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah. Jelas aku masih ingat dengan warna favoritmu, kita kan bersahabat sudah lama.

Sekian dulu ya surat dariku. Tunggu kedatanganku liburan bulan depan yang akan datang. Sampai jumpa yaa.


Peluk Hangat,
Sahabat baikmu,


ttd       
Amanada Putri


Contoh Surat Pribadi Untuk Teman

Jakarta, 25 Desember 2013



Teruntuk Azria Husna 
Di tempat



Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo Zia, apa kabar? Sudah lama kita tidak bertemu, ya. Semenjak lulus SD, tidak ada kesempatan lagi untuk bertemu. Fi, bagaimana keadaanmu di SMP Negeri 155? Apakah kamu senang bersekolah di sana? Ya, di sana banyak teman kita.

Alhamdullillah, aku di SMP Negeri 115. Aku amat senang! Walaupun hanya tiga orang dari sekolah kita yang berhasil masuk Smabel. Tapi, di sini aku banyak mendapat teman baru yang amat baik dan juga kakak-kakak kelas yang sayang pada adiknya. Apalagi dengan kakak-kakak OSIS dan MPK. Wah, aku kagum sekali dengan Alyssa Haula Syaqilla! Kalau kamu mau mendengar pengalaman ku selama di Smabel, kamu boleh menanyakannya kepadaku. Atau, main saja ke rumahku.

Ngomong-ngomong, aku sangat rindu pada SD kita dan teman-teman kita waktu SD. Apakah ada acara pertemuan atau reuni angkatan 31? Kalau tidak ada, kita buat acara sendiri saja, yuk. Undang teman-teman kelas 6A. Mumpung bulan Juni nanti banyak waktu liburan. Oh, iya kak Kahlil angkatan 30 yang pintar itu mencalonkan diri sebagai ketua OSIS lho!
Sekian dulu, ya! Sampai jumpa!


Sahabatmu,



Afifah Wardah



Contoh Surat Pribadi Untuk Teman

Padang, 25 Desember 2013


Sahabatku Videlia Marfintina
Jalan Danau Kota 3
Kuala Lumpur,Malaysia


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Halo Vide, apa kabar? Baik-baik saja kan? Aku dan keluargaku dalam keadaan sehat walafiat. Mudah –mudahan kamu dan sekeluarga dalam keadaan sehat juga.

Vide, gimana keadaan sekolah kamu yang sekarang? Udah dapat teman atau belum di KL? Aku harap kamu cepat beradaptasi ya di sana. Aku kangen banget sama kamu Vide. Udah 6 bulan kita nggak ketemu ya. Lumayan lama loh!

Vide, bulan depan kan udah libur tuh, ada rencana keluar kota nggak? Kalau nggak, rencananya aku dan keluargaku ingin berkunjung ke rumah paman ku di Setapak Indah. Setapak Indah kan nggak terlalu jauh dari Danau Kota, makanya aku ingin sekalian berkunjung ke rumah mu. Sekalian aku juga pengen ngabisin waktu liburan bareng kamu.

Erm, sekian dulu surat dari ku ya . Aku sudah harus berangkat ke sekolah. Hehe. Kapan-kapan kita sambung lagi ya! Ku tunggu balasan surat mu.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Sahabatmu,


Naila Naisya

Demikianlah contoh surat pribadi yang dapat kami contohkan. Pada dasarnya membat surat pribadi ini sangatlah mudah, ebab isinya mengena kerinduan anda kepada seorang teman, sahabat, ataupun kerabat kita. Tapi jika Anda merasa kesulitan untuk membuatnya saya silahkan untuk kopas contoh surat pribadi yang telah saya tuliskan diatas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Surat Pribadi Yang Baik Dan Benar