Contoh Surat Kuasa Khusus Yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Kuasa Khusus Yang Baik Dan Benar | Beberapa hari yang lalu saya telah menuliskan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan contoh surat kuasa khusus. Sebenarnya di blog ini saya juga pernah menulis surat kuasa, akan tetapi surat kuasa yang kami tulis adalah surat kuasa umum. Nah, sebelum kami tuliskan surat kuasa khusus ini akan kami jelaskan pengertian surat kuasa terlebih dahulu. 

Pengertian Surat Kuasa

Pengertian surat kuasa surat kuasa secara umum yaitu surat yang isinya penunjukan atau pemberian wewenang kepada orang lain untuk melakukan suatu perbuatan hukum atas dan untuk namanya. Pemberian kuasa merupakan suatu persetujuan dengan mana seorang memberikan kekuasaan kepada seorang lain, yang menerimanya untuk dan atas namanya menyelenggarakan suatu urusan.

Sedangkan pengertian surat kuasa khusus adalah pemberian kuasa yang dilakukan hanyak untuk satu kepentingan tertentu atau lebih. Dalam surat kuasa khusus, dijelaskan tindakan-tindakan apa saja yang boleh dilakukan oleh penerima kuasa. Karena ada tindakan-tindakan yang rinci di dalamnya, surat kuasa tersebut menjadi surat kuasa khusus. 

Macam-Macam Surat Kuasa

1. Surat Kuasa Umum

Surat kuasa umum merupakan surat yang digunakan untuk menerangkan bahwa pemberian kuasa tersebut hanya berlaku untuk hal-hal yang bersifat umum saja. 

2. Surat Kuasa Khusus

Surat kuasa khusus adalah surat pemberian kuasa yang dilakukan hanya untuk satu kepentingan tertentu saja atau lebih. Dalam surat kuasa khusus dijelaskan perbuatan-perbuatan apa yang boleh dilakukan oleh penerima kuasa.

Contoh Surat Kuasa Khusus (Perdata)



SURAT KUASA KHUSUS

16/SK/XII/Pdt/KPLF/PMH/2011




Yang bertanda tangan di bawah ini, nama MILA DWIPUTRI, S.Sos pekerjaan Swasta bertempat tinggal di Jalan Bandes Baru No.29 RT08/RW05 Kelurahan Rawang Barat kecamatan Padang Selatan Kota Padang dengan ini memberi kuasa kepada nama CHRISYAN SAPUTRA , S.H pekerjaan Advokat berkantor di PURLI ASSOSIATION LAW Gedung clevend lantai 12 Jalan Khatib sulaiman No.35 padang 25211.


KHUSUS


Untuk mewakili pemberi kuasa sepenuhnya sebagai PENGGUGAT dalam perkara perdata Perbuatan Melawan Hukum melawan PT Cipta Abadi yang diwakili oleh PANDO ADI PUTRA S.E, perusahaan yang bergerak di bidang industry peleburan tembaga ,yang berkedudukan dan berkantor pusat di Jakarta dan berkantor cabang di Padang di Jalan Bandes baru No.4 RT.04/RW.05 kelurahan rawang barat kecamatan padang selatan, Kota Padang sebagai TERGUGAT.
  • Untuk itu menerima kuasa membela hak-hak dan mengurus kepentingan-kepentingan pemberi kuasa, melakukan dan menerima segala pembayaran, membuat, dan menerima kuitansi pembayaran;
  • Penerima kuasa boleh bertindak dalam hal hukum terhadap setiap orang dan dalam segala persoalan yang berhubungan dengan perkara ini, memiliki tempat kediaman hukum (domicilie), menghadap hakim dan pembesar instansi pemerintah;
  • Penerima kuasa boleh berperkara ke muka Pengadilan Negeri mengajukan gugatan, memberikan jawaban, mengajukan dan menolak saksi-saksi, menerima dan menolak perdamaian, memohon keputusan dan turunan keputusan Pengadilan negeri, memohon supaya keputusan Pengadilan Negeri dijalankan ;
  • Penerima kuasa boleh membuat dan menandatangani surat dan melakukan segala apa yang perlu dan berguna untuk kepentingan pemberi kuasa, asal tidak dilarang atau bertentangan atau melanggar undang-undang dan bila perlu penerima kuasa dapat memindahtangankan kekuasaannya itu sebagian atau sepenuhnya kepada orang lain (hal substitusi) dengan hak untuk menarik kembali pemindahan kuasa yang telah diberikan itu;
  • Penerima kuasa boleh melakukan upaya hukum dari pengadilan tingkat pertama sampai dengan tingkat kasasi.


Padang, 10 April 2012


       Penerima Kuasa                                        Pemberi Kuasa






( Chrisyan Saputra, S.H)                               (Mila PUTRI, S.Sos)


Contoh Surat Kuasa Khusus Yang Baik Dan Benar


SURAT KUASA


Yang bertandatangan di bawah ini :
Nama : -------------------------
NIK : ---------------------------
Tempat/ Tgl Lahir : -----------
Alamat : ----------------------

Selanjutnya disebut Pemberi Kuasa.
Dengan ini memberikan kuasa kepada:
Nama : ----------------------
NIK : ------------------------
Tempat/ Tgl Lahir : --------
Alamat : -------------------

Selanjutnya disebut Penerima Kuasa.


----- KHUSUS -----


Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa untuk mengambil Sertifikat Pendidikan Khusus Provesi Advokat (PKPA) Angkatan XVII Weekend Clas B 2013 Jakarta padaFaizal Hafied & Partners (FHP) yang beralamat kantor di dijalan H.R Rasuna SaidBlok X-5, Kav 1-2 Menara Karya 28th Floor.

Demikian Kuasa ini diberikan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya


Jakarta, 23 Februari 2014


Penerima Kuasa                                   Pemberi Kuasa




 (Fahmi S.H)                                   (Andika Pratama S.H)


Contoh Surat Kuasa Khusus Yang Baik Dan Benar


SURAT KUASA



Yang bertanda tangan dibawah ini :
N a m a : ----------------
TTL/Umur : -------------
Pekerjaan : -------------
Jenis kelamin : --------
Kebangsaan : ----------
Alamat : ---------------

Dengan ini menerangkan memberikan kuasa pekara No ______ (tulis nomor perkara jika perkara sudah masuk dipersidangan) kepada :

N a m a : --------------
Pekerjaan : -----------
Berkantor jalan ------

KHUSUS

Untuk dan atas nama pemberi mewakili sebagai Penggugat, mengajukan gugatan ________ terhadap ________________ Pengadilan Negeri Banda Aceh.

Untuk itu yang diberi kuasa dikuasakan untuk menghadap dan menghadiri semua persidangan Pengadilan Negeri Banda Aceh, menghadapi instansi-instansi, jawatan-jawatan, hakim, pejabat-pejabat, pembesar-pembesar, menerima, mengajukan kesimpulan-kesimpulan, meminta siataan, mengajukan dan menolak-saksi-saksi, menerima atau menolak keterangan saksi-saksi, meminta atau memberikan segala keterangan yang diperlukan, dapat mengadakan perdamaian dengan syarat-syarat yang dianggap baik oleh yang diberi kuasa, menerima uang pembayaran dan memberikan kwitansin tanda penerimaan dan memberikan kwitansi tanda penerimaan uang, meminta penetapan, putusan, pelaksanaan putusan (eksekusi), melakukan peneguran-peneguran, dapat mengambil segala tindakan yang penting, perlu dan berguna sehubungan dengan menjalankan perkara serta dapat mengerjakan segala sesuatu pekerjaan yang umumnya dapat dikerjakan oleh seorang kuasa/wakil guna kepentingan tersbeut diatas, juga mengajukan permohonan banding atau kontra, kasasi atau kontra.

Kuasa ini berikan dengan berhak mendapatkan honorarium (upah) dan retensi (hak menahan barang milik orang lain) serta dengan hak substitusi (melimpahkan) kepada orang lain baik sebagian maupun seluruhnya.

Banda Aceh, 09 Maret 2015

Penerima Kuasa                                                Pemberi Kuasa


Materi 6000


    (-------)                                                             (---------)


Itulah beberapa Contoh Surat Kuasa Khusus Yang Baik Dan Benar. Anda dapat menggunakannya sebagai referensi pembuatan surat kuasa khusus yang anda lakukan. Demikianlah Contoh Surat Kuasa Khusus Yang Baik Dan Benar.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Surat Kuasa Khusus Yang Baik Dan Benar